Sscn Bkn Pengisian Daerah Lahir Pada Registrasi Cpns 2018

FAST DOWNLOADads
Download
Sscn.bkn.go.id Situs resmi registrasi CPNS 2018 yakni SSCN BKN, nah dalam pelaksanaan registrasi sering kali kita megalami kesulitan dalam proses pengisian data di web resmi registrasi CPNS tersebut salah satunya yang pernag terjadi pada proses seleksi CPNS sebelumnya yakni pengisian tanggal lahir antara ijazah dengan KTP berbeda, berikut admin akan bahas selengkapnya dalam SSCN BKN Pengisian Tempat Lahir Pada Pendaftaran CPNS 2018.

Banyaknya perdaftar maka ada banyak sekali duduk masalah yang ditemukan dalam proses registrasi menjadi akseptor seleksi CPNS, kemudian bagaimana dengan pengisian tanggal lahir dalam form registrasi CPNS? Perlu diketahui bahwa tempat isian tanggal lahir ini dihentikan kosong.



Pada seleksi CPNS sebelumnya ada laporan permasalahan registrasi CPNS sebagai berikut.

Saat registrasi BIODATA CPNS, saya salah mengisi tempat lahir pada ijazah. Pada KTP tempat lahir saya JAHARUN B sedangkan pada IJAZAH saya mencantumkan kabupaten DELI SERDANG. Padahal di ijazah tempat lahir saya sama dengan di KTP. Karena memang ketika pengisian biodata pada cuilan ijazah tertera alamat yang diminta (KAB/KOTA). Apakah ini sangat mensugesti registrasi CPNS tersebut? Jika iya apa yang harus saya lakukan? Mohon bantuannya. Terimakasih

Lalu bagaimana solusi dari permasalahan itu?

Semuanya telah terperinci dikemukakan dalam situs resmi SSCN BKN di cuilan panduan pendaftaran, atau sanggup terusan di laman https://sscnhelpdesk.bkn.go.id/ (tentunya pada ketika proses registrasi CPNS tengah berlangsung).

Selain duduk masalah yang ditemui oleh calon pendaftar CPNS ternyata ada beberapa duduk masalah lain yang juga dijumpai dalam proses registrasi online, balasannya terus cari informasi yang sempurna untuk mengatasi permasalahan yang ada.

Ada beberapa cara alternatif untuk mengatasi duduk masalah tersebut yakni, menyimak kembali panduan lengkap registrasi CPNS, atau sanggup dengan memanfaatkan mesin pencari menyerupai google.

Berikut langkah-langkah lengkap registrasi di portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) BKN dikutip dari Buku Petunjuk Pendaftaran:

Dokumen yang Harus Disiapkan Sebelum Mendaftar CPNS Melalui Portal SSCN

Sebelum mendaftar ke instansi yang dituju, pastikan pelamar telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diharapkan untuk pendaftaran. Dokumen tersebut terdiri dari :

  • 1. Kartu Keluarga
  • 2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • 3. Ijazah
  • 4. Transkrip Nilai
  • 5. Pas foto
  • 6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar

Lihat Formulir Pendaftaran CPNS 2018

Ketentuan yang Harus Diketahui Sebelum Mendaftar CPNS di Portal SSCN


  1. Pelamar harus masuk ke portal SSCN 2017: https://sscn.bkn.go.id
  2. Klik "Pengumuman" untuk mencari informasi terkait instansi yang dibuka
  3. Pilih instansi yang akan dilihat. Instansi yang terlampir yakni instansi yang terlampir yakni instansi yang sudah atau akan dibuka pendaftarannya.
  4. Pelamar hanya sanggup melamar 1 (satu) jabatan dalam 1 (satu) jenis gugusan (Formasi Umum atau Formasi Khusus Lulusan Terbaik (cum-laude) atau Formasi Khusus Putra/Putri Papua dan Papua Barat atau Formasi Khusus Disabilitas) di 1 (satu) instansi pada periode yang sama. Dan pelamar sanggup melamar di instansi yang berbeda pada periode yang berbeda.


  •     Klik "Jadwal dan Persyaratan" untuk melihat jadwal 
  •     Klik "Helpdesk & Pengaduan" untuk proteksi dan pengaduan
  •     Klik "FAQ" untuk mencari permasalahan
  •     Klik "Call Center" untuk menghubungi instansi terkait pendaftaran


1. Cara Pendaftaran di Portal SSCN

Apabila pelamar sudah siap untuk mendaftar, langkah-langkahnya yakni :
1. Klik "Pendaftaran" dan akan tampil halaman pengisian Nomor Induk Kependudukan dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga (NIK KK).
2. Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga (NIK KK)
3. Apabila pelamar tidak sanggup mendaftar terkait data NIK dan Nomor Kartu Keluarga, silahkan hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan KTP pelamar bukan ke instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas)
4. Masukan arahan captcha yang terlampir. Kode captcha tidak bersifat case sensitive
5. Setelah data di atas dimasukkan, klik "Lanjutkan" untuk proses selanjutnya.
6. Pada proses ini, pelamar mengisi dan membandingkan data di KTP dengan data Ijazah. Proses pemberkasan CPNS memakai data Ijazah sebagai data pokok kepegawaian yang terdiri dari Nama tanpa gelar, Tempat dan Tanggal Lahir. Pastikan bahwa Anda mengisi data tersebut dengan benar.
7. Data lain yang perlu diisi terdiri dari data:
    a) E-mail. Masukan e-mail aktif dan valid
    b) Password. Masukan password yang gampang diingat. Harap catat dan simpan password Anda sebab akan dipakai untuk login
    c) Pertanyaan Pengaman 1. Pilih pertanyaan pengaman Anda
    d) Jawaban Pengaman. Masukan jawaban pertanyaan pengaman 1 yang telah Anda pili
    e) Pertanyaan Pengaman 2. Pilih pertanyaan pengaman Anda
    f) Jawaban Pengaman. Masukan jawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah Anda pilih
    g) Captcha. Masukan arahan captcha yang tampil di layar
8. Pastikan Anda mengisi semua data dengan benar. Data yang telah disimpan tidak sanggup diperbaiki atau dirubah.
9. Selanjutnya klik "Daftar"
10. Proses selanjutnya, Anda masuk halaman pemberitahuan bahwa  pendaftaran  ke  portal  SSCN  2017 berhasil, klik "Cetak Informasi Pendaftaran" untuk mencetak Kartu Informasi Akun sebagai bukti bahwa pelamar berhasil mendaftar ke portal SSCN 2017. Simpan kartu tersebut dengan baik.
11. Klik "Lanjutkan Login Pendaftaran" untuk ke form berikutnya.

2. Login ke Portal SSCN dan Isi Biodata

    Setelah pelamar berhasil daftar, silahkan login ke https://sscn.bkn.go.id dengan klik tombol "Login" yang tertera di sudut kanan atas
    Masukan NIK dan password yang telah Anda daftarkan kemudian akan tampil halaman Form Biodata Peserta.
    Masuk ke Form Biodata Pelamar. Pada form ini dilengkapi Alamat Domisili, Propinsi, Kabupaten/Kota, Nomor Telepon, Tinggi Badan, Status Kawin dan Nomor HP.
    Klik "Simpan" apabila data sudah lengkap.
    Setelah pelamar mengisi biodata, klik "Daftar" untuk melanjutkan proses registrasi instansi yang dituju.

3. Daftar Instansi


  1.     Masuk halaman Form Pendaftaran SSCN. Pilih Jenis Formasi sesuai dengan gugusan yang dibuka oleh instansi. Pilihan Jenis Formasi sanggup dilihat di Pengumuman Instansi
  2.     Pilih instansi yang dituju
  3.     Klik "Cek" dan akan tampil form Pendaftaran. Apabila pelamar ingin mengganti Jenis Formasi dan Instansi yang dituju, klik "Daftar" kembali untuk mereset bagi instansi yang memakai SSCN. Sedangkan instansi yang tidak memakai SSCN, hanya sanggup sekali klik tombol  "Cek", data akan tersimpan di Riwayat sebagai pelamar instansi Non SSCN. Pelamar tidak sanggup merubah instansi tersebut.
  4.     Instansi yang tampil yakni instansi yang sudah buka pendaftarannya sesuai dengan Pengumuman dari instansi tersebut.
  5.     Setelah yakin menentukan instansi akan keluar notifikasi, klik OK untuk melanjutkan
  6.     Masuk Form Pendaftaran
  7.     Pilih pendidikan sesuai dengan ijazah
  8.     Pilih jabatan yang akan dilamar. Jabatan akan tampil sesuai dengan pendidikan yang dipilih
  9.     Pilih Lokasi Kerja apabila instansi memperlihatkan kewenangan pelamar untuk menentukan Lokasi Kerja
  10.     Pilih Lokasi Test apabila instansi memperlihatkan kewenangan pelamar untuk menentukan Lokasi Test
  11.     Ketik nama Universitas atau sekolah sesuai dengan ijazah.
  12.     Isi Tanggal Ijazah dan Tahun Lulus sesuai dengan yang tertera di Ijazah.
  13.     Pilih Akreditasi Perguruan Tinggi dan Akreditasi Program Studi untuk perguruan tinggi tinggi. Sedangkan untuk pelamar SLTA sederajat, ratifikasi sanggup dipilih "Lainnya"
  14.     Isi nilai IPK memakai tanda titik (.) dan dua digit di belakang koma atau nilai ijazah untuk lulusan Sekolah Menengan Atas sederajat.
  15.     Isi Nomor Ijazah
  16.     Isi arahan captcha sesuai dengan gambar yang tampil
  17.     Sebelum klik "Daftar", pastikan bahwa Anda sudah yakin akan melamar di Instansi tersebut sebab pelamar hanya sanggup mendaftar di satu jabatan pada satu instansi dan satu periode. Pendaftar sanggup mendaftar di instansi lain dengan periode (batch) yang berbeda
  18.     Klik tanda "Kotak" dan klik "Daftar"
  19.     Data pelamar akan masuk ke database SSCN 2017
  20.     Bagi pelamar non SSCN 2017 (instansi yang tidak memakai SSCN 2017, atau memakai portal registrasi sendiri), sesudah menentukan instansi non SSCN akan dirujuk ke alamat portal instansi tersebut untuk menuntaskan proses pendaftaran
  21.     Selanjutnya akan tampil halaman Cetak Kartu. 

4. Riwayat Pelamaran SSCN

1. Setiap registrasi yang dikirim oleh pelamar sanggup dilihat dan dicek statusnya di sajian Riwayat berdasarkan:
    a) Instansi: Instansi yang dilamar
    b) Jenis Formasi: Jenis gugusan sesuai dengan yang dipilih
    c) Tanggal Daftar: tanggal daftar ketika pelamar mendaftar
    d) Batch: periode yang dilamar
    e) SSCN: keterangan apakah instansi memakai SSCN atau Non SSCN
    f)  Status Administrasi: status proses manajemen pelamar
    g) Registrasi: tombol untuk cetak Kartu Registrasi
    h) Ujian: tombol untuk cetak Kartu Ujian apabila lulus verifikasi dan berhak mengikuti ujian CAT
    i) Dokumen: tombol untuk mengunggah (upload) dokumen sebagai persyaratan registrasi sesuai dengan Pengumuman Instansi.
2. Untuk mencetak ulang Kartu Pendaftaran, klik "Cetak" pada kolom Registrasi.
3. Untuk melaksanakan upload dokumen, klik "Dokumen", kemudian akan tampil Form Upload Dokumen
    a) Jenis dokumen akan tampil sesuai dengan keperluan instansi
    b) Pilih dokumen yang akan di unggah (upload) pada komputer Anda klik "Choose File"
    c) Dokumen yang diunggah harus berupa image (.jpg/.jpeg.png) atau berupa .pdf dengan maksimal 200 kilobyte
    d) Nama dokumen akan tampil sesudah dipilih
    e) Klik "Upload" untuk menyimpan dan system akan memvalidasi dokumen tersebut
    f) Setelah berhasil divalidasi dokumen akan tersimpan di sistem
    g) Untuk membatalkan, klik "Kembali"

5. Kartu Ujian
Untuk mencetak Kartu Ujian, pilih kolomnya kemudian klik "Cetak" pada kolom Ujian. Kartu Ujian sanggup dicetak bagi pelamar yang lulus verifikasi sebagai bukti untuk melanjutkan ke tahapan seleksi berikutnya.
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url