Menpan: Deretan Cpns 2018 Berbasis Potensi Dibuka Awal Bulan Juli Di 34 Provinsi

FAST DOWNLOADads
Download
lowongankerja-v3.blogspot.Com Panitia CPNS yang dalam hal ini disampaikan oleh Menpan memang telah berencana melaksanakan rekrutmen PNS gres yang akan segera berlangsung di bulan depan, nah kira-kira deretan apa saja yang paling banyak diperlukan? Maka disini kami akan menjawabnya dalam Formasi CPNS 2018 Berbasis Potensi dibuka Awal Bulan Juli di 34 Provinsi termasuk kapan jadwal niscaya pendaftaran CPNS 2018 tersebut.


Berbeda dengan penerimaan CPNS yang pernah dilakukan sebelumnya bahwa kali ini Menpan telah menghitung kebutuhan tempat pasca moratorium yang berlaku di beberapa tahun terakhir, dan kuota serta deretan yang akan dibuka pun kali ini berjumlah sangat besar, antara lain untuk mengisi kekosongan akhir pensiun di pemerintahan daerah, baik kabupaten/kota atau provinsi.

Kabar terbaru dari Menpan ialah pernyataannya terbaru pada Senin kemudian (18 Juni 2018) di pelantikan Excelso Coffee Shop di SPBU Vitka, Tiban, Batam, yaitu :

"Usulan dari seluruh tempat sudah masuk, kita sedang kaji kebutuhannya," kata Asman.

Artinya prosesnya tengah berlangsung dan pengumuman pendaftaran resmi belum ada, namun ada sedikit bocoran terbaru mengenai pembukaan CPNS 2018 yang paling gres bahwa detail deretan yang akan dibuka lebih utama di tenaga pendidik dan kesehatan dengan deretan lainnya yang mengacu pada Formasi CPNS 2018 Berbasis Potensi.

Setiap tempat berhak mengadakan seleksi CPNS namun ada beberapa syarat bagi tempat tersebut membuka lowongan CPNS 2018 yang akan segera berlangsung di bulan Juli nanti, antara lain :

1. Pengisian kekurangan pegawai di daerah

Faktor utama yang menjadi alasan dibukanya CPNS 2018 secara besar-besaran ialah mengingat jumlah kekosongan PNS yang pensiun, meninggal dunia, mengundurkan diri atau lantaran dilema lainnya cukup besar dengan totalnya berdasarkan Menpan mencapai 220 ribu meskipun tempat harus memenuhi syarat lainnya semoga bisa membuka penerimaan CPNS 2018.

2. Anggaran tempat jadi penentu

Jumlah kekurangan pegawai juga harus didukung oleh pembiayaan di tempat semoga Rekrutmen CPNS 2018 bisa berjalan sesuai dengan yang seharusnya, dan kemampuan anggaran di masing-masing tempat itu berbeda-beda tergantung dengan besarnya APBD tempat tersebut dengan jumlah belanja pegawai, jangan hingga nanti mendapatkan pegawai gres namun tidak bisa membayar honor pegawai itu.

"Kalau PNS-nya kebanyakan, kasihan nanti rakyat, APBD hanya tersedot untuk belanja pegawai," katanya.

3. Formasi lebih banyak didominasi ialah berbasis potensi

Poin ketiga ini tidak kalah pentingnya yakni pernyataan Menpan terbaru mengenai dasar penentuan deretan CPNS 2018, Beliau menyatakan bahwa deretan penerimaan CPNS 2018 untuk di tempat harus diadaptasi dengan potensi tempat itu sendiri, sehingga penerimaan CPNS ini bisa mengangkat pertumbuhan ekonomi daerah.

"Jika sektor andalannya pariwisata, ya, bidang itu yang kita utamakan," katanya.

4. Bidang utama CPNS 2018 ialah tenaga pendidik dan kesehatan

Baik tenaga pendidik maupun tenaga kesehatan ialah bidang utama yang sangat dibutuhkan masyarakat, bila bangsa cerdas dan sehat barulah bisa menuju masyarakat yang maju. Asman Abnur juga menegaskan bahwa rekrutmen CPNS kali ini diutamakan untuk tenaga pendidik dan kesehatan yang di setiap daerah, hampir seluruhnya mengalami kekurangan.

Masalah pendidikan dan kesehatan, kata Asman, harus menjadi perhatian utama tempat lantaran hal ini menyangkut pembangunan sumber daya insan ke depan.

5. Seleksi murni dan tak ada Beking untuk lulus

Bila sebelumnya CPNS itu diasumsikan dengan sistem beking-membeking atau calon titipan maka di tahun 2018 ini Menpan menjamin bahwa setiap peserta rekrutmen CPNS bahwa dalam rekrutmen ini berlangsung murni hasil tes tanpa beking-membeking.

Hal ini terbukti dari pelaksanaan sistem CAT CPNS setiap tahun yang balasannya diumumkan secara transparan dan akuntabel yakni pribadi bisa dilihat balasannya sesudah ujian.

"Siapapun tidak akan bisa membantu, termasuk menteri sendiri. Semuanya transparan lantaran hasil tes pribadi bisa dilihat hari itu juga," kara Asman.

Untuk itu Menpan menghimbau semoga tidak terpengaruhi maupun mempercayai pihak-pihak yang coba membujuk dan menjanjikan akan bisa diterima lantaran hal itu bohong.

"Kalau Anda bayar seseorang dengan iming-iming, jangan percaya. Itu bohong semua," katanya.

Malah peluang besar dibuka untuk lulusan cum laude dengan jumlahnya mencapai kuota 10 persen dari semua peserta umum yang mengikuti lowongan Pendaftaran CPNS 2018, langkah ini diambil dengan tujuan semoga para pegawai ke depan diisi oleh orang-orang pintar.

"Kita jatahkan 10 persen untuk yang meraih gelar sarjana dengan cum laude," kata Menpan. 

Selain dari 5 poin yang menjadi syarat tempat dalam membuka lowongan CPNS 2018 maka yang terbaru ialah syarat bagi peserta seleksi CPNS 2018, dan kami merangkum beberapa syarat itu menjadi lebih ringkas sebagai berikut.
Untuk tenaga profesional persyaratan atau dokumen yang harus dipersiapkan sebagai berikut:
1. Fotokopi KTP
2. Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai yang telah dilegalisir
3. Surat keterangan legalisasi dari BAN PT.
4. Pas foto terbaru ukuran 4x6 cm sebanyak 4 lembar - latar belakang merah.
Antara syarat yang dibutuhkan bagi lulusan Sarjana berbeda dengan SMA, berikut untuk syarat peserta CPNS 2018 lulusan SMA.

Dokumen komplemen bagi lulusan D III dan SMA/sederajat antara lain:
1. Materai Rp 6.000
2. Fotokopi KTP
3. Fotokopi ijazah/STTB
4. Fotokopi ijazah SD
5. Fotokopi ijazah SLTP
6. Fotokopi ijazah SLTA.

Lalu kapan pendaftaran niscaya CPNS 2018 yang akan segera berlangsung? Kabar terbaru mengungkapkan bahwa tidak usang lagi yakni sesudah bulan Juni ini berakhir yaitu,

1. Rencananya CPNS 2018 dibuka Awal Juli 2018

Ternyata tinggal beberapa hari lagi, dan memang benar kalau tidak ada penundaan maka pendaftaran CPNS online mulai bisa dilakukan pada awal bulan Juli 2018 tahun ini, sedangkan prosesnya kini sudah masuk pada tahap proses validasi data proposal deretan dari setiap daerah.

Tanggal pastinya belum ada namun untuk gosip updatenya silahkan cek Pendaftaran CPNS 2018.

2. Persyaratan Umum Pendaftaran

Ada beberapa persyaratan umum pendaftar.

a. Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta sehat jasmani dan rohani.
b. Berkelakuan baik dan tidak pernah dieksekusi penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan aturan tetap lantaran melaksanakan suatu tindak pidana kejahatan.
c. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat tidak atas seruan sendiri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
d. Tidak berkedudukan sebagai CPNS /PNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri dan tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan pihak manapun.
e. Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik.

3. Alur Pendaftaran CPNS Online 2018 baik melalui HP maupun Laptop

Ada yang bertanya apakah pendaftaran online CPNS bisa dilakukan melalui HP, lantaran memang kini aneka macam netizen yang mengandalkan HP untuk semua acara online termasuk pendaftaran CPNS 2018.

Lalu bagaimana dengan CPNS 2018? Temukan jawabannya di Cara Daftar CPNS Online via HP Android.

Selanjutnya mengenai langkah pendaftarannya terlebih dahulu susukan situs resmi Pendaftaran online CPNS di sscn.bkn.go.id kemudian simak langkah-langkahnya sebagai berikut (sebagai referensi untuk deretan kementerian) sebagai berikut.

Pertama, pendaftar dilakukan portal masing-masing kementrian/CPNS daerah.
Kedua, isi formulir dan jangan lupa ditandatangani.
Ketiga, Anda akan menerima nomor bukti registrasi
Keempat, unggah/kirimkan dokumen yang dibutuhkan, jangan lupa sertakan pas foto sesuai ketentuan.
Kelima, kirimkan berkas-berkas ibarat formulir pendaftaran.

4. Jumlah niscaya Kuota Penerimaan CPNS 2018

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementrian Pendayagunaan Apartaur Negara dan Reformasi Birokrasi Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, Kementrian PANRB sudah mengusulkan deretan jumlah CPNS 2018 ke Kementrian Keuangan.

"Pada 2018 yang akan pensiun 250 ribu orang. 38 ribu di pemerintah sentra dan sisanya daerah. Posisi terakhir gres itu yang kami sampaikan ke Kementerian Keuangan untuk 2018," ujarnya.

Dipastikan tak lebih dari 250 ribu posisi yang diusulkan pada 2018.

Sebanyak 38 ribu akan dibuka untuk pemerintah sentra dan sisanya untuk pemerintah daerah.

5. Hal yang menarik dari PNS ialah gajinya

Tidak heran kalau setiap bukaan CPNS selalu dibanjiri peminat bahkan peserta pendaftaran hingga membludak, salah satu alasannya ialah honor yang diterima oleh PNS tergolong tidak mengecewakan di Indonesia.

Sesuai amanat UU Nomor 5 Tahun 2014 wacana Aparatur Sipil Negara, rumusan upah yang diterima bagi PNS alias take home pay hanya akan terdiri dari tiga komponen, yakni honor pokok, derma kinerja, dan derma kemahalan.

Untuk honor pokok, akan ada peningkatan rasio atau perbandingan antara besaran honor terendah PNS dan honor tertinggi PNS.

Gaji pokok tidak lagi berdasarkan masa kerja, tetapi didasarkan pada beban kerja, tanggung jawab, dan risikonya.

Saat ini, rasio honor pokok yang berlaku mencapai 1:3,7.

Contohnya, kalau honor pokok terendah PNS sekitar Rp 1,2 juta, honor pokok tertinggi sebesar Rp 4,44 juta.

Pada tahun 2018 ini, rasionya naik menjadi 1:11,9 sehingga honor pokok tertinggi bisa melonjak Rp 14,3 juta.

a. Gaji PNS Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan

Menjadi diam-diam umum kalau Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan merupakan instansi pemerintahan pemberi derma kinerja paling tinggi.
Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2015 wacana Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Direktorat Jenderal Pajak, derma pegawai pangkat terendah sebesar Rp 5,36 juta per bulan, sedangkan yang tertinggi sebesar Rp 117,37 juta per bulan.
Belum ditambah dengan komponen penghasilan lainnya.
Pada instansi lain mungkin pengahasilan kurang dari Rp 5,36 per bulannya.

b. Gaji PNS Kementerian Keuangan

Kementerian yang dipimpin Sri Mulyani ini memperlihatkan derma senilai Rp 2,57 juta per bulan untuk pegawai pangkat terendah, sedangkan yang tertinggi senilai Rp 46,95 juta per bulan.
Hal ini berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 156 Tahun 2014 wacana Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Keuangan.

c. Gaji PNS Badan Pemeriksa Keuangan

Sama dengan Kementerian Keuangan, lantaran ini mengawasi penggunaan uang negara, Badan Pemeriksa Keuangan juga menjanjikan derma serta honor cukup besar.
Hal ini berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 188 Tahun 2014 wacana Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Badan Pemeriksa Keuangan.
Tunjangan yang diberikan untuk PNS berpangkat rendah senilai Rp 1,54 juta per bulan, sedangkan yang tertinggi sebesar Rp 41,55 juta per bulan.

d. Gaji CPNS Daerah referensi Pemprov DKI Jakarta

Seperti dilansir Kompas.com, berdasarkan Peraturan Gubernur DKI Nomor 193 Tahun 2015, PNS Pemprov dan Pemkot di DKI Jakarta pun menjadi PNS peserta derma tertinggi di Indonesia.
Jika digabungkan dengan honor dan derma yang menempel pada gaji, maka take home pay yang diterima oleh PNS di DKI Jakarta di atas rata-rata.
Tunjangan mereka paling tinggi sebesar Rp 127 juta.

e. Gaji PNS Mahkamah Agung

Pantas pendaftar CPNS pada Mahkamah Agung (MA) membludak.
Berdasarkan Keputusan Mahkamah Agung Nomor 117/KMA/SK/XII/2015 wacana Perubahan Keputusan Ketua MA Nompr 128/KMA/SK/VIII/2014 wacana Tunjangan Kinerja Khusus Pegawai Negeri pada MA dan Badan Peradilan di Bawahnya pertanda derma kinerja pangkat terendah pada MA senilai Rp 1,71 juta hingga Rp 1,8 juta per bulan.
Sedangkan paling tinggi senilai Rp 31,6 juta hingga Rp 32,6 juta per bulan.

f. Gaji PNS Kementerian Hukum dan HAM

Tunjangan kinerja diberikan untuk PNS Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) berpangkat terendah Rp 2,21 juta, sedangkan untuk berpangkat tertinggi senilai Rp 27,57 juta per bulan.
Hal ini berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nompr 5 Tahun 2015 wacana Perubahan Atas Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 22 Tahun 2014 wacana Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Kinerja bagi Pegawai pada Lingkungan Kemenkumham.

g. Gaji PNS Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 113 Tahun 2015 wacana Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral , pegawai dengan pangkat terendah berhak mendapatkan derma kinerja senilai Rp 1,96 juta per bulan.
Sementara tertinggi senilai Rp 26,32 juta per bulan.

h. Gaji PNS Komisi Pemberantasan Korupsi

Pegawai komisi antirasuah memang harus digaji tinggi alasannya ialah pekerjaannya sangat beresiko bagi keselamatan nyawa maupun godaan suap.
Tunjangan kinerja pegawai KPK juga dibilang tidak mengecewakan besar.
Besaran derma kinerja pegawai KPK, yakni yang menjabat kepala bab atau tenaga fungsional manajemen senilai Rp 8 juta per bulan, pegawai non-jabatan Rp 4 juta per bulan, dan pegawai pendukung Rp 3 juta per bulan.
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url