Informasi Wacana Deretan Cpns Kawasan 2018

FAST DOWNLOADads
Download
CPNSNews.com Informasi Tentang Formasi CPNS Daerah 2018, Wajib Baca! Sebagaimana diketahui sebelumnya Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kepala provinsi menegaskan pihaknya hingga dikala ini masih menunggu keputusan pembagian gugusan untuk daerah.


Formasi CPNS Daerah 2018 telah ditentukan. Untuk gugusan kesehatan sudah ditetapkan Menpan-RB. "Kita tinggal menunggu pembagian gugusan bagi daerah, untuk sebagian sudah ditetapkan Menpan-RB menyerupai tenaga kesehatan, "ujar kepala provinsi.

Pengadaan CPNS Tahun 2018 ini direncanakan akan membuka 238.015 formasi. 51.271 gugusan untuk instansi Pemerintah Pusat  (76 K/L) dan 186.744 gugusan untuk instansi Pemerintah Daerah (525 Pemda).

Peruntukan instansi Pemerintah Pusat terdiri dari : Jabatan Inti yang diisi dari pelamar umum sebanyak 24.817 formasi, Guru Madrasah Kementerian Agama yang bertugas di Kabupaten/Kota sebanyak 12.000 formasi, serta dosen Kemenristekdikti dan Kementerian Agama sebanyak 14.454 formasi.

Adapun peruntukan instansi Pemerintah Daerah terdiri dari Guru Kelas dan Mata Pelajaran sebanyak 88.000 formasi, Guru Agama sebanyak 8.000 formasi, Tenaga Kesehatan sebanyak 60.315 gugusan (Dokter Umum, Dokter Spesialis, Dokter Gigi, dan Tenaga Medis/Paramedis), serta Tenaga Teknis yang diisi dari pelamar umum sebanyak 30.429 formasi. Lihat formasi CPNS 2018 selengkapnya.

Penetapan gugusan khusus pengadaan CPNS Tahun 2018 terdiri dari Putra/Putri Lulusan Terbaik (Cumlaude), Penyandang Disabilitas, Putra/Putri Papua dan Papua Barat, Diaspora, Olahragawan Berprestasi Internasional, serta Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan dari Eks Tenaga Honorer Kategori II jabatan guru dan tenaga kesehatan yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi CPNS.

Dan telah ditetapkan bahwa pengumuman pendaftaran CPNS akan dimulai 19 September 2018, info lebih lanjut silahkan cek Info Pendaftaran CPNS 2018.

Menurut Kepala provinsi untuk se-Indonesia memang sudah ada angka gugusan bagi kesehatan dan tenaga pengajar, namun jikalau dibagi-bagi ke semua kawasan di Indonesia angkanya akan sedikit. "Paling yang sanggup per kawasan itu tidak hingga dengan angka yang kita ajukan. Karena harus membuatkan dengan semua kawasan di Indonesia, "ujar kepala provinsi.

Kepala provinsi menambahkan pihaknya di kawasan masih menunggu keputusan Menpan-RB tersebut dan semuanya menurut analisa dari Menpan-RB sesuai gugusan yang diajukan sebelumnya."Kita tunggu lah berapa yang dibagi untuk Riau dan Kabupaten/Kota lainnya, alasannya yaitu kemungkinan awal Agustus sudah diumumkan ke daerah, "ujarnya.

Beberapa pihak terkait juga meminta masyarakat untuk tidak percaya dengan komitmen sejumlah oknum yang mengaku bisa meluluskan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Karena biasanya banyak oknum yang bermain memanfaatkan momen ini dengan melaksanakan penipuan terhadap peserta yang berjuang jadi PNS.

"Kami ingatkan jauh-jauh hari semoga tidak ada korban, masyarakat jangan percaya sedikitpun kalau ada yang menjanjikan bisa meluluskan jadi CPNS. Tidak ada yang bisa membantu kini ini kecuali dengan kemampuan masing-masing," ujar dari kepala provinsi. Karena seluruh proses dilakukan dengan sistem komputer dan ujiannya juga dengan sistem komputer, sehingga bagi yang nilainya tidak mencapai standar maka akan eksklusif gugur. Sehingga tidak bisa dimanipulasi.

Perlu di sampaikan ke masyarakat, alasannya yaitu masih banyak masyarakat yang percaya dan bahkan rela hingga membayarkan uang besar, padahal hanya ditipu,karena dalam perekrutan anggota CPNS tidak pernah ada aturan sepert itu. Sebagaimana yang terjadi selama ini, banyak masyarakat jadi korban yang ujungnya berurusan dengan hukum, sedangkan uang yang sudah disetorkan tidak kembali lagi."

Dan kami juga mengingatkan dengan tegas, jikalau ada oknum pegawai Pemprov yang melaksanakan penipuan dengan menjanjikan bisa luluskan PNS akan kami tindak sesuai aturan.

Ada beberpa gosip yang disampaikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 pasca Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada). Menteri PAN-RB tealah memberikan bahwa asumsi kemungkinan tes penerimaan CPNS 2018 antara tanggal 7 Juli 2018 hingga 17 Juli 2018.

Dikutip dari beberapa laman situs yang memperlihatkan gosip perihal CPNS, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengatakan, proporsi terbesar gugusan CPNS tahun 2018 akan difokuskan untuk jabatan-jabatan khusus menyerupai teknisi, guna mendukung pembangunan kawasan tertinggal, terluar, dan terdepan.

Apakah Anda Mengetahui Formasi CPNS Daerah 2018?

Karena itu, rekrutmen CPNS akan diprioritaskan untuk tenaga pendidikan dan kesehatan, tenaga pendukung pembangunan infrastruktur, poros maritim, ketahanan energi, serta ketahanan pangan.

Sistem CAT

Dalam sistem seleksi yang telah disepakati, secara teknis di semua kawasan memakai sistem CAT, alias ujian dengan sistem komputer.

"Standar tes CPNS itu termasuk dengan sistem CAT. SEmua calon CPNS dinilai menurut kemampuan dan kompetensi," terang Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Susunan Formasi

Susuna gugusan yang tengah dibentuk oleh Kementerian PAN-RB untuk CPNS 2018. Pihaknya menuturkan bahwa kompetensi harus dicocokkan dengan kiprah yang ditawarkan. Termasuk menentukan unit-unit kerja yang dibutuhkan.

Dokumen yang Harus Dipersiapkan

Untuk tenaga profesional persyaratan atau dokumen yang harus dipersiapkan sebagai berikut:
1.    Fotokopi KTP
2.    Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai yang telah dilegalisir
3.    Surat keterangan legalisasi dari BAN PT.
4.    Pas foto terbaru ukuran 4x6 cm sebanyak 4 lembar latar belakang merah.

Dokumen pemanis bagi lulusan D III dan SMA/sederajat antara lain:
1.    Materai Rp 6.000
2.    Fotokopi KTP
3.     Fotokopi ijazah/STTB
4.    Fotokopi ijazah SD
5.    Fotokopi ijazah SLTP
6.    Fotokopi ijazah SLTA.

Alur Pendaftaran
⦁    Pertama, pendaftar dilakukan portal masing-masing kementrian/CPNS daerah.
⦁    Kedua, isi formulir dan jangan lupa ditandatangani
⦁    Ketiga, Anda akan mendapat nomor bukti registrasi
⦁    Keempat, unggah/kirimkan dokumen yang dibutuhkan, jangan lupa sertakan pas foto sesuai ketentuan.
⦁    Kelima, kirimkan berkas-berkas menyerupai formulir pendaftaran.

Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, menyampaikan Kementerian PAN RB sudah mengusulkan gugusan jumlah CPNS 2018 ke Kementerian Keuangan."Pada 2018 diperkirakan yang akan pensiun 250 ribu orang. 38 ribu di pemerintah sentra dan sisanya daerah. Informasi terbaru ini  yang sanggup kami sampaikan ke Kementerian Keuangan untuk CPNS 2018," ujarnya.

Apakah Anda Mencari Informasi Tentang Formasi CPNS Daerah 2018?

Sebanyak 38 ribu akan dibuka untuk pemerintah sentra dan sisanya untuk pemerintah daerah. Kementerian PAN-RB memperkirakan jumlah pendaftar CPNS 2018 sekitar 60-70 persen dari total 220 ribu orang pegawai yang akan pensiun tahun ini. Pihak kementrian juga menegaskan jikalau jumlah CPNS yang diterima tidak akan melebihi jumlah pensiunan yang akan digantikan.

Dalam rapat kordinasi nasional(Rakornas) Badan Kepegawaian Negara (BKN), Salah satu yang dibahas dalam Rakornas Kepegawaian ini perihal gugusan CPNS 2018. Disebutkan bahwa, ada sekitar 100.000 gugusan bagi tenaga pendidik pada penerimaan CPNS 2018. Hal ini disampaikan BKN melalui akun resmi Twitter-nya. Pelaksanaan gugusan bagi CPNS sentra dan kawasan akan dilakukan oleh BKN secara terintegrasi, melalui portal pendaftaran nasional dan seleksi melalui CAT BKN.

Jumlah detail gugusan CPNS 2018 akan segara diumumkan dalam waktu bersahabat ini. Selain itu, akan ada penambahan gugusan khusus untuk tenaga pendidik dan kesehatan. Dalam video yang diunggah akun BKN tersebut, Disana Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengatakan, prioritas penerimaan CPNS yaitu bidang kesehatan dan pendidikan. Ada beberapa gugusan khusus yang ditentukan, antara lain dispora, cum laude, putra/putri Papua, dan disabilitas.

Dari beberapa gosip yang saya sanggup bahwa Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mempersiapkan untuk rekruitmen CPNS 2018. Berikut yaitu 5 persiapkan yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Kelompok Kerja (Pokja)  Badan Kepegawaian Negara ( BKN) dan Quality Assurance Panitia Seleksi Nasional (QA Panselnas) Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) 2018 melaksanakan koordinasi terkait rekrutmen CPNS tahun ini.

Siapa yang Menetapkan Formasi CPNS Daerah 2018?

Selain memutuskan gugusan CPNS kawasan 2018, Mengutip dari situs web BKN, dilakukan beberapa hal untuk mematangkan persiapan rekrutmen CPNS, yaitu:

1.    Membuat portal SSCN menjadi gampang digunakan. Kepala Biro Humas BKN, mengatakan, kesiapan infrastruktur yang berada di bawah pengelolaan BKN di antaranya portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) dan sistem Computer Asissted Test (CAT) dalam mendukung rekrutmen CPNS yang objektif dan akuntabel. Menurut dia, portal SSCN akan lebih gampang digunakan, dengan adanya meknisme panduan yang akan meminimalisasi kesalahan menentukan gugusan menurut latar belakang pendidikan.

2.    Informasi yang bergotong-royong mengumumkan bahwa calon pendaftar juga akan mendapat gosip waktu yang sempurna perihal jumlah pelamar pada gugusan tertentu dari kementerian/lembaga/daerah tertentu. Dengan cara ini, calon pelamar diperlukan semakin dimudahkan melaksanakan pendaftaran dikala penerimaan CPNS 2018 resmi dibuka.

3.    Lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) BKN telah dirancang di 134 titik lokasi SKD dengan CAT BKN. Namun, jumlah ini bisa berubah tergantung kebutuhan.

4.    SKD dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) hanya melalui CAT BKN Mulai tahun ini, seluruh pelaksanaan SKD dan SKB hanya akan dilakukan melalui seleksi berbasis CAT BKN yang akan diselenggarakan BKN selaku Panselnas. Perubahan prosedur seluruh proses seleksi CPNS ini dipastikan sesuai ekspektasi publik.

5.    Alur pendaftaran lebih singkat Selain perubahan dari proses seleksi, pendaftaran CPNS akan dilakukan melalui portal nasional di laman http://sscn.bkn.go.id dan tidak ada pendaftaran melalui portal sanggup berdiri diatas kaki sendiri oleh instansi lainnya.

Penjelasan selanjut cek Registrasi Pendaftaran CPNS 2018 Online.
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url